PELIT ONLINE

PELIT ONLINE
Oleh: Hamzah

   Pelit salah satu sifat yang dibenci Allah dan paling membuat orang kesal.  Bagaimana tidak ?  Orang pelit sukanya menerima pemberian orang, tapi paling susah memberi ke orang lain.

   Sifat pelit biasanya sepaket dengan sifat egois dan gemar memperkaya diri sendiri.  Pelit juga biasanya sikap pengingkaran terhadap kebaikan atau hal-hal positif, sebab orang pelit tidak rela berbagi.

   Dalam al-Qur'an disebutkan bahwa orang pelit dan merasa cukup, mendustakan pahala terbaik, akan disiapkan jalan yang sukar. Juga akan ditimpakan siksa yang menghinakan (QS. al-Lail: 8-10, al-Nisa': 37).

   Sikap egois dan mau enak sendiri dari para pelit, sungguh sangat mengganggu dan merusak hubungan sosial secara psikologis.  Sikap hidup take and give, tidak ada dan tidak menjadi kamus orang pelit.

   Kita coba melihat satu perspektif.  Sifat pelit sekelompok orang di media sosial.  

   Di berbagai jenis media sosial, kita akan menemukan beragam tipe orang.  Ada yang sangat pemurah, kaya informasi, mudah berbagi kebaikan dan hal positif kepada orang lain.  Namun sebaliknya ada juga yang luar biasa pelit, bahkan sangat susah berbagi informasi dan kebaikan.

  Orang pelit sukanya menerima, tapi anti memberi atau berbagi.  Biasanya hanya muncul sesekali memposting.  Musalnya jika ada orang meninggal, lantas mengucapkan "semoga husnul khatimah".  Setelah itu, bersembunyi lagi sambil banyak mengais pemberian informasi  dari orang lain.
   Berbaginya tersebut disayangkan, sebab malah ditujukan kepada orang yang sedah meninggal.  Sementara teman-teman yang masih hidup, banyak menunggu sharing.

   Itulah orang pelit yang sadar atau tidak sadar, mereka sesungguhnya terjangkit penyakit.  Selain pelit, juga asosial, sehingga lama kelamaan akan dijangkiti sifat buruk lain yaitu minder dan merasa asing.

   Ada baiknya orang seperti ini, mencoba belajar berbagi kepada orang lain.  Berlajar bersosialisasi.  Belajar bersikap ringan sama dijinjing berat sama dipikul. 

   Semoga Allah melindungi kita semua dari sifat pelit online, termasuk di media sosial.[]

Ternate. 2/9/2020

Komentar

Postingan Populer